Tautan-tautan Akses

Anggaran Militer China Naik 10 Persen


Delegasi militer China usai kongres Partai Komunis di Beijing. (Foto: Dok)

Delegasi militer China usai kongres Partai Komunis di Beijing. (Foto: Dok)

Banyak analis telah lama mencurigai China menggunakan dana yang jauh lebih besar untuk pertahanan daripada yang diumumkan dengan resmi.

Anggaran pertahanan China akan meningkat 10 persen tahun ini, kenaikan dua digit terbaru bagi angkatan bersenjata dengan jumlah tentara terbesar di dunia itu.

Angka yang diumumkan Rabu (4/3) oleh juru bicara Kongres Rakyat Nasional Fu Ying itu berarti anggaran militer China yang diumumkan dengan resmi berjumlah kira-kira US$145 milyar untuk 2015.

Angka resmi itu akan dikeluarkan Kamis dalam laporan oleh parlemen yang hanya merupakan lambang itu, kata Fu dalam jumpa pers.

Peningkatan tersebut sebenarnya merupakan penurunan dari tahun lalu, ketika anggaran meningkat 12,2 persen. Tetapi, peningkatan anggaran militer itu adalah peningkatan dua angka tahun kelima berturut-turut.

Banyak analis telah lama mencurigai China menggunakan dana yang jauh lebih besar untuk pertahanan daripada yang diumumkan dengan resmi, karena kurangnya transparansi dan faktor-faktor lain seperti korupsi.

Washington dan sekutunya menuduh China menggunakan kekuatan militernya yang meningkat untuk mengintimidasi tetangga-tetangganya di Laut China Timur dan Selatan, di mana Beijing mempunyai sengketa-sengketa wilayah.

XS
SM
MD
LG