Tautan-tautan Akses

Ancaman Teroris, Nigeria Tutup Sekolah di Borno


Dua perempuan Nigeria melewati rumah-rumah yang hangus akibat serangan militan Boko Haram bulan lalu (foto: dok).

Dua perempuan Nigeria melewati rumah-rumah yang hangus akibat serangan militan Boko Haram bulan lalu (foto: dok).

Pihak berwenang di negara bagian Borno, Nigeria telah menutup semua sekolah negeri karena ada ancaman dari kelompok militan Boko Haram.

Pemerintah Nigeria Jumat lalu memerintahkan penutupan 85 SD dan SMP, dan sekolah-sekolah itu tetap ditutup minggu ini, menghentikan pendidikan bagi ribuan siswa.

Boko Haram yang dalam bahasa Hausa berarti “Pendidikan Barat adalah Haram” dituduh melakukan sejumlah serangan di sekolah-sekolah dan sasaran pemerintah lainnya di Nigeria timur laut selama beberapa tahun ini.

Ribuan orang telah tewas dalam kekerasan itu. Upaya-upaya militer Nigeria untuk memburu militan dan menghentikan pemberontakan tidak berhasil untuk menghentikan serangan-serangan berskala besar yang sering terjadi.

Jumat lalu, kawanan bersenjata melakukan serangan di siang hari bolong di sebuah barak militer di ibukota, Maiduguri dan membebaskan beberapa tersangka militan yang ditahan.

Human Rights Watch mengatakan Boko Haram telah melancarkan serangan pada 40 desa lebih di Nigeria timur laut sejak awal tahun ini.
XS
SM
MD
LG