Tautan-tautan Akses

Ancaman Paksa Kartunis Denmark Persingkat Tur di Norwegia


Kurt Westergaard, kartunis Denmark yang menyulut protes di negara-negara muslim karena menggambar kartun Nabi Muhammad (foto: dok).

Kurt Westergaard, kartunis Denmark yang menyulut protes di negara-negara muslim karena menggambar kartun Nabi Muhammad (foto: dok).

Kurt Westergaard yang membuat marah warga muslim dengan karikaturnya tentang Nabi Mohammad memperpendek tur bukunya di Oslo.

Kartunis asal Denmark Kurt Westergaard yang membuat marah pemeluk Islam dengan karikaturnya tentang Nabi Mohammad mengatakan ia memperpendek tur bukunya di Oslo, Norwegia setelah diberi tahu kemungkinan ancaman.

Westergaard yang berusia 76 tahun telah kembali ke Denmark dari Oslo hari Senin malam setelah agen-agen keamanan Norwegia dan Denmark memperingatkan kemungkinan terjadinya serangan terhadapnya.

Alasan resmi yang diberikan untuk kepulangannya yang lebih cepat adalah ia menderita sakit jantung. Tapi Westergaard mengatakan ia baik-baik saja.

Westergaard hidup dengan pengamanan 24 jam sejak 12 karikaturnya mengenai Nabi Mohammad di terbitkan dalam surat kabar Denmark Jyllands-Posten tahun 2005. Karikaturnya yang paling membuat marah adalah menunjukkan Nabi Mohammad mengenakan sorban berbentuk seperti bom dengan sumbu yang menyala.

Sejak itu Westergaard mendapat sejumlah ancaman mati. Tahun lalu seorang warga Somalia yang membawa kampak dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara karena menerobos masuk rumah Westergaard.



XS
SM
MD
LG