Tautan-tautan Akses

Analis: Kesepakatan Kemitraan Trans Pasifik Diperkirakan Tercapai 2014


Perwakilan Perdagangan Amerika Michael Froman (kanan) saat menghadiri pertemuan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) di Nusa Dua, Bali, 4 Desember 2013 (Foto: dok).

Perwakilan Perdagangan Amerika Michael Froman (kanan) saat menghadiri pertemuan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) di Nusa Dua, Bali, 4 Desember 2013 (Foto: dok).

Perwakilan Perdagangan Amerika Michael Froman menyatakan optimistik akan putaran pembicaraan berikutnya yang rencananya akan diselenggarakan bulan Januari.

Para menteri perdagangan dari 12 negara yang merundingkan perjanjian perdagangan bebas Kemitraan Trans Pasifik tidak mencapai kesepakatan setelah pertemuan empat hari di Singapura pekan ini.

Namun, dalam beberapa bulan mendatang, para analis memperkirakan akan adanya kemajuan cepat dalam perjanjian perdagangan pimpinan Amerika yang akan mencakup hampir 40 persen produk ekonomi dunia itu.

Pemerintahan Obama telah menargetkan untuk menyelesaikan kesepakatan itu menjelang akhir tahun. Namun setelah pertemuan di Singapura, sebuah pernyataan hari Selasa mengatakan, hanya kemajuan fundamental yang berhasil dicapai.

Perwakilan Perdagangan Amerika Michael Froman menyatakan optimistik akan putaran pembicaraan berikutnya yang rencananya akan diselenggarakan bulan Januari. Ia mengatakan, pihak-pihak yang akan terlibat dalam perjanjian itu akan berusaha lebih luwes menyelesaikan masalah naskah dan isu-isu akses pasar.

Masalah-masalah utama yang belum terselesaikan dalam kesepakatan itu terkait dengan perusahaan-perusahaan milik negara, pajak pertanian dan hak kekayaan intelektual.
XS
SM
MD
LG