Tautan-tautan Akses

Anak Mantan Presiden Kyrgyzstan ditangkap di London


Anak presiden terguling Kyrgystan, Maksim Bakiyev, ditangkap di London, Jumat (12/10).

Anak presiden terguling Kyrgystan, Maksim Bakiyev, ditangkap di London, Jumat (12/10).

Polisi London telah menangkap anak presiden terguling Kyrgyzstan, Maksim Bakiyev, atas tuduhan konspirasi penipuan dan mengganggu proses pengadilan, Jumat (12/10).

Pihak berwenang Inggris dan Kyrgyzstan mengatakan, anak presiden terguling Kyrgyzstan yang menjadi buron telah tertangkap oleh polisi di London.

Kepolisian Metropolitan London mengatakan, Maksim Bakiyev yang berusia 34 tahun ditangkap Jumat malam dan menghadapi tuduhan berkonspirasi untuk melakukan penipuan dan mengganggu proses pengadilan antara tahun 2010 dan 2012.

Setelah sempat ditahan, Bakiyev kemudian dibebaskan dengan jaminan hingga sidang dengar pendapat yang akan dilangsungkan tanggal 7 Desember.

Para penuntut di Kyrgyzstan mengatakan perusahaan-perusahaan yang dimiliki Bakiyev menghindari kewajiban pajak hampir 80 juta dolar dalam penjualan bahan bakar pesawat udara ke para penyuplai sebuah pangkalan udara Amerika di negara itu. Pangkalan udara itu merupakan salah satu pusat pengisian bahan bakar bagi pesawat-pesawat perang yang terbang di Afghanistan dan pusat gerakan pasukan tempur.

Pihak berwenang Kyrgyzstan mengatakan tidak ada kesepakatan ekstradisi antara negara di Asia Tengah itu dengan Inggris, namun Bakiyev bisa diekstradisi ke Amerika untuk menghadapi pengadilan di Amerika.
XS
SM
MD
LG