Tautan-tautan Akses

AS

Amplop Berlapis Racun Dikirim ke Gedung Putih


Gedung Putih dilihat dari luar halaman utara di Washington, D.C.

Gedung Putih dilihat dari luar halaman utara di Washington, D.C.

Dinas Rahasia mengatakan surat itu diterima di fasilitas pemeriksaan jauh dari kompleks Gedung Putih.

Dinas Rahasia AS mengatakan sebuah surat yang ditujukan ke Gedung Putih telah diuji positif mengandung sianida, sebuah racun mematikan.

Badan tersebut, yang bertugas melindungi presiden dan para pejabat tinggi lainnya, mengeluarkan pernyataan Selasa (17/3), yang menyatakan bahwa surat itu diterima di sebuah fasilitas pemeriksaan jauh dari kompleks Gedung Putih sehari sebelumnya.​

Surat itu awalnya mendapat hasil negatif ketika diuji untuk senyawa-senyawa biologis, namun Dinas Rahasia mengatakan tes-tes lebih lanjut menunjukkan dugaan positif kandungan sianida.

Surat itu dikirim ke tempat lain untuk pengujian lebih lanjut. Dinas Rahasia mengatakan tidak akan memberikan komentar lebih jauh karena investigasi masih berjalan.

Menurut sebuah laman bernama The Intercept, alamat pengembalian surat berlapis sianida itu adalah seorang pria yang telah berulangkali mengirim paket-paket ke Gedung Putih sejak 1995, termasuk yang diselubungi air seni dan kotoran.

Pada 2013, surat-surat yang ditujukan untuk Presiden Barack Obama dan Senator Mississippi Roger Wicker dilapisi racun risin. Seseorang telah ditangkap dalam insiden tersebut.

XS
SM
MD
LG