Tautan-tautan Akses

Amnesty: Tahanan Pemerintah Suriah Alami Penyiksaan


Salil Shetty, Sekjen Amnesty International, London (Foto: dok).
Salil Shetty, Sekjen Amnesty International, London (Foto: dok).

Amnesty Internasional, organisasi HAM yang berbasis di London, mengeluarkan penilaian keadaan di Suriah dalam laporan yang dikeluarkan hari Rabu (14/3).

Amnesty International mengatakan warga Suriah yang ditahan dalam pergolakan satu tahun menentang kekuasaan Presiden Bashar al-Assad telah mengalami penyiksaan luas yang setingkat dengan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Organisasi HAM yang berbasis di London itu mengeluarkan penilaian keadaan di Suriah dalam laporan yang dikeluarkan hari Rabu (14/3).

Amnesty mengatakan banyaknya penyiksaan dan perlakuan kejam lain di Suriah telah mencapai tingkat yang belum pernah disaksikan selama bertahun-tahun dan mengingatkan zaman gelap tahun 1970-an dan 1980-an.

Seorang pejabat Amnesty mengatakan para tahanan dalam penindakan Suriah menghadapi momok dunia penyiksaan sistemik yang telah mengembalikan negara itu ke masa puluhan tahun yang silam.

Laporan Amnesty, yang didasarkan pada wawancara dengan warga Suriah yang melarikan diri ke Yordania, mendokumentasikan 31 metode penyiksaan atau perlakuan kejam lain yang dilakukan oleh pasukan keamanan, tentara dan komplotan bersenjata yang pro-pemerintah, yang digambarkan oleh para saksi atau korban.

Di lapangan di Suriah, pasukan yang setia kepada pemerintah menyerang basis pemberontak di daerah-daerah bagian utara hari Selasa, dalam usaha merebut kota Idlib.

Tentara pemerintah Suriah telah merebut kembali sebagian besar Idlib, dekat perbatasan Turki, yang yang menghalau ratusan tentara pembelot keluar dari basis operasi utama yang telah mereka kuasai selama berbulan-bulan.

XS
SM
MD
LG