Tautan-tautan Akses

Amnesty International: Perkosaan, Pembunuhan di Kamp Penjara Korea Utara


Foto satelit Camp 16 di Korea Utara, kompleks penjara hampir seluas ibukota Korea Selatan, Seoul.

Foto satelit Camp 16 di Korea Utara, kompleks penjara hampir seluas ibukota Korea Selatan, Seoul.

Laporan Amnesty International mengungkapkan pemerkosaan, pembunuhan dan kerja paksa yang diduga terjadi di kamp-kamp penjara Korea Utara.

Foto-foto satelit baru dan keterangan saksi yang dirilis oleh sebuah organisasi hak asasi manusia terkemuka mengungkapkan keburukan kamp penjara Korea Utara yang luas.

Laporan Amnesty International pada Kamis (5/12) mengungkapkan pemerkosaan, pembunuhan dan kerja paksa yang diduga terjadi di kamp-kamp penjara Korea Utara, tempat sekitar 200 ribu orang ditahan.

Seorang mantan penjaga penjara, yang hanya menyebut namanya Lee, bekerja di Kamp 16 di utara negara itu selama sebagian besar periode 1980an.

Lee memberitahu Amnesty bahwa sebagian tahanan mereka dipaksa menggali kuburan mereka sendiri. Mereka kemudian dibunuh dengan cara dipukul di leher dengan palu.

Shin Dong – Hyak, mantan tahanan kamp penjara Korea Utara yang kini tinggal di Korea Selatan, sependapat dengan pengamatan Lee.

Kamp 16 mencakup luas 560 kilometer persegi, membuatnya hampir sebesar ibukota Korea Selatan, Seoul.

Amnesty mengatakan foto-foto satelit dari dua tahun terakhir ini menunjukkan blok perumahan baru di kamp tersebut. Bukti kegiatan pertambangan dan penebangan hutan juga menunjukkan terjadinya kerja paksa.
XS
SM
MD
LG