Tautan-tautan Akses

Serangan Bom Mobil Tewaskan 11 Tentara di Somalia


Tentara Kenya yang menjadi bagian dari pasukan Uni Afrika (AMISOM) mengamankan sebuah daerah di Somalia selatan (foto: dok).

Tentara Kenya yang menjadi bagian dari pasukan Uni Afrika (AMISOM) mengamankan sebuah daerah di Somalia selatan (foto: dok).

Serangan Selasa (18/3) dini hari yang dilancarkan para militan di Somalia tengah menewaskan 11 tentara pemerintah dan Uni Afrika dan melukai sedikitnya 18 lainnya.

Para pejabat Somalia menuding kelompok militan al-Shabab yang melakukan serangan di kota Buloburde itu, yang direbut kembali dari kelompok tersebut pekan lalu oleh Tentara Nasional Somalia dan Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM).

Juru bicara AMISOM, Kolonel Ali Hamoud mengatakan kepada VOA, seorang pria yang mengendarai mobil melewati pos pemeriksaan hotel sekitar pukul 2.20 pagi waktu setempat. Pasukan AMISOM berusaha menghentikannya dengan menembakinya, namun kendaraan itu tidak berhenti dan kemudian meledak ketika sejumlah tentara mengerumuninya.

Serangan itu memicu baku tembak di hotel itu, yang menjadi tempat menginap para pejabat Somalia dan AMISOM.

Seorang wartawan VOA di Mogadishu mengatakan orang-orang yang tewas di Buloburde Selasa pagi (18/3) termasuk seorang komandan senior militer Somalia.

Warga melaporkan baku tembak antara pejuang al-Shabab dan kelompok tentara Somalia dan Djibouti. Ada juga laporan mengenai ledakan.

Sebelumnya, tentara nasional Somalia dan pasukan dari Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) merebut kembali Buloburde Kamis lalu dalam apa yang disebut AMISOM "kemenangan besar."

Kota itu terletak 200 kilometer sebelah utara Mogadishu. AMISOM mengatakan kota itu adalah pusat pasokan untuk al-Shabab, dan kediaman bagi ratusan pejuang kelompok itu.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG