Tautan-tautan Akses

Amerika Tegaskan Kembali Dukungan untuk Korea Selatan


Menteri Pertahanan Amerika Ash Carter (kiri) dan Menteri Pertahanan Korea Selatan Han Min-koo dalam pertemuan bilateral di sela-sela pertemuan Dialog Shangri-La (IISS), KTT Keamanan Asia di Singapura (4/6).

Menteri Pertahanan Amerika Ash Carter (kiri) dan Menteri Pertahanan Korea Selatan Han Min-koo dalam pertemuan bilateral di sela-sela pertemuan Dialog Shangri-La (IISS), KTT Keamanan Asia di Singapura (4/6).

Menteri Pertahanan Amerika Ash Carter dan Menteri Pertahanan Korea Selatan Han Min-koo, mengadakan pertemuan, Sabtu (4/6) di sela-sela Dialog Shangri-La di Singapura, forum keamanan tahunan terbesar di Asia.

Menteri Pertahanan Amerika dan Menteri Pertahanan Korea Selatan membicarakan masalah keamanan kawasan Asia, termasuk Korea Utara dan program nuklirnya yang kontroversial.

Ash Carter dan Han Min-koo mengadakan pertemuan hari Sabtu di sela-sela Dialog Shangri-La di Singapura, forum keamanan tahunan terbesar di Asia.

Kedua menteri pertahanan itu dengan kuat mengecam percobaan nuklir dan peluncuran misill Korea Utara baru-baru ini, menyerukan kepada Utara agar menghentikan program nuklirnya dengan cara yang dapat diperiksa kebenarannya, tidak dapat dimulai kembali, dan tuntas,” menurut sebuah pernyataan.

Amerika menegaskan kembali "tekad kuatnya” untuk membela Korea Selatan, kata penyataan itu.

Bulan lalu, Korea Selatan menolak usul Korea Utara untuk mengadakan pembicaraan militer bulan Mei atau awal Juni.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan usul Utara itu tidak mencakup rencana penghentian program nuklirnya, melainkan bertujuan untuk menghentikan kerjasama internasional mengenai sanksi dan memecah-belah pendapat umum di dalam negeri Korea Selatan.

Perbatasan kedua Korea adalah perbatasan yang mempunyai pertahanan paling kuat di dunia sejak perang mereka awal tahun 1950-an berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian perdamaian. Sekitar 28.500 tentara Amerika ditempatkan di Korea Selatan sebagai penangkal terhadap serangan Korea Utara. [gp]

XS
SM
MD
LG