Tautan-tautan Akses

AS

Amerika Umumkan Bantuan $500 Juta Bagi Korban Perang Suriah


Menlu AS John Kerry memberikan keterangan kepada media sebelum pertemuan dengan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu di Ankara (12/9).

Menlu AS John Kerry memberikan keterangan kepada media sebelum pertemuan dengan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu di Ankara (12/9).

Menlu AS John Kerry menyampaikan pengumuman tersebut di Turki, Jumat (12/9), dalam upaya menggalang dukungan internasional untuk melawan ekstremis Negara Islam (ISIS) di Irak dan Suriah.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengumumkan bantuan hampir 500 juta dolar bagi mereka yang terimbas perang saudara di Suriah.

Menteri Kerry menyampaikan pengumuman di Turki, Jumat (12/9) di mana dia berusaha menggalang dukungan internasional untuk perang melawan ekstremis Negara Islam (ISIS) di Irak dan Suriah.

Lebih dari 250 juta dolar dari paket bantuan itu akan digunakan untuk membantu lebih dari tiga juta pengungsi Suriah yang telah melarikan diri ke negara-negara tetangga. Selebihnya akan digunakan untuk membantu warga sipil yang terlantar di dalam negeri.

PBB mengatakan hampir separuh populasi Suriah terpaksa melarikan diri dari perang saudara yang memburuk sementara ekstremis Negara Islam merebut lebih banyak wilayah,

Menteri Kerry sedang dalam lawatan seminggu untuk menggalang koalisi global untuk memerangi kelompok ekstremis itu, yang telah mengejutkan dunia dengan kampanye brutal pemenggalan dan pembunuhan sektarian.

Dalam pembicaraan dengan Kerry hari Kamis (11/9) di Arab Saudi, Turki menolak untuk mendukung rencana komprehensif pimpinan Amerika untuk mengalahkan militan Sunni itu.

Sepuluh negara Arab bergabung dalam koalisi itu, dan berjanji akan membantu Amerika menghancurkan Negara Islam di mana pun, termasuk di Irak dan Suriah.

XS
SM
MD
LG