Tautan-tautan Akses

AS

Amerika Tuduh 2 Warga Yaman Berkonspirasi


Tersangka militan al-Qaida dari Yaman di pengadilan Sanaa, Yaman.

Tersangka militan al-Qaida dari Yaman di pengadilan Sanaa, Yaman.

Kedua warga itu dituduh membantu seorang warga Amerika bergabung dengan al-Qaida agar ia bisa melawan pasukan AS di Afghanistan dan rakyat di Amerika.

Departemen Kehakiman Amerika mengatakan dua warga Yaman telah dikenai tuduhan berkonspirasi untuk membunuh warga Amerika di luar negeri dan memberikan dukungan material kepada al-Qaida.

Tuduhan dan perintah penangkapan yang diungkap Selasa (20/1) di pengadilan kota New York menuduh Saddiq al-Abbadi, juga dikenal sebagai "Sufiyan al-Yaman," dan Ali Alvi, atau "Issa al-Yaman," membantu seorang warga Amerika bergabung dengan al-Qaida agar ia bisa melawan pasukan Amerika di Afghanistan dan rakyat di Amerika. Tim jaksa mengatakan, dalam satu serangan semacam itu di propinsi Paktiya, seorang tentara AS terbunuh dan beberapa lainnya cedera.

Jaksa mengatakan bahwa sekitar Maret 2008, al-Abbadi dan Alvi pergi ke daerah kesukuan pemerintah federal Pakistan untuk mengikuti pelatihan dan berjuang demi al-Qaida.

Menurut para jaksa, pada periode itulah kedua terdakwa membantu warga Amerika bergabung dengan al-Qaida.

Kedua pria tadi ditangkap di Arab Saudi, kemudian diusir ke AS, di mana mereka sekarang menghadapi dakwaan di sebuah pengadilan federal di New York. ‚Äč

XS
SM
MD
LG