Tautan-tautan Akses

Amerika Tolak Calon Duta Besar Baru Iran untuk PBB


Duta Besar baru Iran untuk PBB, Hamid Abutalebi (Foto: dok).

Duta Besar baru Iran untuk PBB, Hamid Abutalebi (Foto: dok).

Gedung Putih mengatakan telah memberitahu PBB dan Iran bahwa AS tidak akan menerbitkan visa bagi calon duta besar baru Iran untuk PBB.

Para pejabat Amerika menolak penunjukan Hamid Abutalebi karena dugaan keterlibatannya dalam pendudukan Kedutaan AS di Teheran pada tahun 1979. Dia diduga merupakan bagian dari kelompok pelajar Muslim yang menyandera 52 diplomat AS selama 444 hari – dalam apa yang dikenal sebagai krisis sandera Iran.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney hari Jumat (11/4) mengatakan AS telah menjelaskan posisinya menyangkut Abutalebi kepada para pejabat Iran. Carney mengulangi lagi pernyataan yang dia sampaikan awal pekan ini bahwa penunjukan Abutalebi “tidak dapat diterima.”

Abutalebi telah bekerja sebagai duta besar Iran untuk Belgia, Uni Eropa, Italia dan Australia. Dia berkeras bahwa keterlibatannya dalam kelompok Pelajar Muslim yang Mengikuti Garis Imam itu hanya terbatas pada terjemahan dan negosiasi.

Krisis penyanderaan itu merupakan momen penting dalam kehidupan banyak figur-figur politik senior Iran dan memicu terputusnya hubungan diplomasi antara Washington dan Teheran.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG