Tautan-tautan Akses

Amerika Tawarkan untuk Cabut Sudan dari Daftar Terorisme


Senator AS, John Kerry menyampaikan tawaran Presiden Obama ke pemerintah Sudan.

Senator AS, John Kerry menyampaikan tawaran Presiden Obama ke pemerintah Sudan.

Tawaran itu datang dari Obama dan disampaikan Senator John Kerry dari partai Demokrat dalam kunjungannya baru-baru ini ke Sudan.

Sejumlah pejabat Amerika mengatakan Amerika menawarkan untuk mencabut Sudan dari daftar negara-negara pendukung terorisme jika Khartoum sukses menyelenggarakan referendum kemerdekaan di Sudan selatan bulan depan.

Mereka mengatakan tawaran itu datang dari Presiden Barack Obama, dan disampaikan Senator John Kerry dari partai Demokrat dalam kunjungannya baru-baru ini ke Sudan.

Dalam rencana itu, Sudan akan dicabut dari daftar pada Juli 2011 jika referendum berlangsung tepat waktu dan pemerintah Sudan menghormati hasilnya, termasuk terkait masalah pembagian keuntungan minyak dan kewarganegaraan.

Sejumlah sanksi terpisah atas Sudan terkait konflik di Darfur tidak akan dicabut.

Sudan selatan akan memungut suara tanggal 9 Januari apakah akan merdeka. Secara terpisah, para pemilih di kawasan kaya minyak Abyei akan memilih apakah akan ikut utara atau selatan.

Tetapi persiapan untuk dua pemungutan suara itu jauh tertinggal. Kedua pihak juga masih berdebat siapa yang bisa ikut serta dalam pemilu Abyei.

XS
SM
MD
LG