Tautan-tautan Akses

AS

AS Mulai Tangguhkan Deportasi bagi Imigran Gelap Usia Muda


Sekelompok mahasiswa berdemonstrasi di sebuah kantor kampanye Obama di Culver City, California (14/6).

Sekelompok mahasiswa berdemonstrasi di sebuah kantor kampanye Obama di Culver City, California (14/6).

Mulai Rabu, 800.000 lebih anak-anak muda yang dibawa ke Amerika secara ilegal oleh orang tua mereka berhak mendapat penangguhan jika memenuhi syarat

Amerika mulai minggu ini akan menerima permohonan dari anak-anak muda imigran gelap yang ingin tetap berada di Amerika selama dua tahun mendatang untuk bekerja dan bersekolah tanpa takut terancam dideportasi.

Presiden Barack Obama melonggarkan UU imigrasi Amerika dua bulan lalu. Mulai hari Rabu, 800.000 lebih anak-anak muda yang dibawa ke Amerika secara ilegal oleh orang tua mereka berhak mendapat penangguhan jika memenuhi syarat tertentu seperti tamat dari SMU atau bertugas dalam militer Amerika.

Obama menghentikan deportasi itu setelah Kongres Amerika gagal menyetujui reformasi imigrasi secara menyeluruh. Ia mengatakan langkah itu “yang terbaik yang bisa dilakukan” untuk memberi “perasaan lega dan harapan” bagi anak-anak muda yang banyak di antaranya hampir sepanjang hidup berada di Amerika dan hanya punya sedikit kaitan dengan negara lain.

Imigran gelap merupakan isu kontroversial di Amerika. Sebagian laporan mengatakan pendatang gelap merampas pekerjaan yang bisa dilakukan pekerja Amerika dan pemerintah dipaksa mengeluarkan dana untuk program-program sosial guna membantu imigran gelap yang seharusnya bisa digunakan untuk membantu warga Amerika.
XS
SM
MD
LG