Tautan-tautan Akses

AS

Amerika Serikat Rayakan Hari Ibu


Michelle Obama dan Jill Biden dalam Perayaan Hari Ibu di AS tahun lalu. Washington, AS.

Michelle Obama dan Jill Biden dalam Perayaan Hari Ibu di AS tahun lalu. Washington, AS.

AS hari ini merayakan Hari Ibu begitu juga banyak negara lain di dunia. Hari Ibu adalah waktu merayakan dan menghargai semua pekerjaan yang dilakukan perempuan.

Hari ini adalah Hari Ibu di Amerika Serikat dan banyak negara di seluruh dunia.

Hari Ibu adalah waktu merayakan dan menghargai semua pekerjaan yang dilakukan perempuan.

Para keluarga secara tradisional memberi ibu mereka bunga dan makanan yang sangat baik untuk merayakan hari itu.

Presiden Amerika Barack Obama menghormati istrinya Michelle dalam pidato mingguannya, dengan mengucapkan terima kasih “atas cara yang luar biasa dilakukannya pekerjaan paling penting, yaitu, sebagai seorang ibu.”

Sekalipun Kongres Amerika membuat Hari Ibu hari libur resmi tahun 1914, Obama mendesak badan lagislatif sekarang ini agar meluluskan rancangan yang lebih bermakna untuk menghormati wanita, mulai dengan beberapa prakarsa pemerintahannya.

“Kalau Kongres dapat membuat hari libur, sudah tentu mereka dapat memperkuatnya dengan hal-hal yang memberinya arti,” kata Obama. “Ini mencakup cuti yang digaji untuk urusan keibuan, orang tua, dan cuti sakit, serta banyak lainnya.

Anna Jarvis, pencetus Hari Ibu tahun 1908, memulai usahanya untuk membuat hari itu sebagai cara menghormati pengorbanan yang dilakukan kaum ibu bagi anak-anak mereka.

Jarvis semula menggagas hari Ibu sebagai hari perayaan pribadi antara ibu dan keluarga. Namun, ketika hari itu menjadi hari libur resmi, tidak lama kemudian para penjual bunga, perusahaan pembuat kartu selamat dan pedagang lain segera memanfaatkan popularitas hari itu untuk tujuan komersil.

Jarvis muak dan tidak lagi mengakui hari libur itu sebelum ia meninggal dunia tahun 1948. Dia bahkan pernah melobi pemerintah agar mencabut hari libur itu dari kalender Amerika.

Tetapi Hari Ibu bertahan. Hari itu adalah salah satu hari libur yang paling popular dan salah satu hari belanja kosumen yang paling besar. [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG