Tautan-tautan Akses

AS Janjikan 212 Juta Dolar untuk Bangun Kembali Jalur Gaza


Menteri Luar Negeri AS John Kerry pada Konferensi Donor bagi Palestina di Kairo, Mesir.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry pada Konferensi Donor bagi Palestina di Kairo, Mesir.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengumumkan bantuan tersebut hari Minggu di Kairo, dan mengatakan penduduk Gaza sekarang ini sangat membutuhkan bantuan.

Amerika Serikat telah menjanjikan bantuan baru 212 juta dolar untuk Palestina pada sebuah konferensi untuk menggalang dana uang bagi pembangunan kembali Jalur Gaza yang dilanda perang.

Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengumumkan bantuan tersebut hari Minggu di Kairo, dan mengatakan penduduk Gaza sekarang ini sangat membutuhkan bantuan. Amerika sebelumnya telah berkomitmen untuk memberi bantuan kemanusiaan kemanusiaan 118 juta dolar.

Para pemimpin Palestina mengupayakan dana 4 miliar dolar dari puluhan negara yang menghadiri konferensi tersebut.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyoroti tingkat kerusakan dan kebutuhan bantuan di sana, dengan mengatakan seluruh permukiman hancur dalam konflik 50 hari antara Israel dan Hamas. Pertempuran itu menewaskan lebih dari 2.100 warga Palestina, kebanyakan warga sipil, serta 67 tentara dan enam warga sipil Israel.

Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi mendesak Israel agar memulai upaya perdamaian baru berdasarkan proposal tahun 2002 yang akan mencakup penarikan diri Israel dari wilayah yang direbut dalam perang Timur Tengah tahun 1967.

Menteri Luar Negeri Kerry juga menyerukan komitmen baru dari setiap orang untuk mengupayakan perdamaian yang memenuhi aspirasi semua pihak.

XS
SM
MD
LG