Tautan-tautan Akses

Amerika Selidiki Praktik Bisnis Perusahaan Google


Google yang mendominasi pasaran pencarian situs internet dianggap mematikan persaingan dengan mempromosikan produk-produknya sendiri.

Google yang mendominasi pasaran pencarian situs internet dianggap mematikan persaingan dengan mempromosikan produk-produknya sendiri.

Google yang menguasai lebih dari 65 persen pencarian situs internet di dunia, diselidiki atas dugaan menghambat para pesaingnya.

Pemerintah Amerika sedang menyelidiki apakah mesin pencari Google menggunakan dominasinya untuk mempromosikan produknya sendiri dengan menghambat para pesaingnya.

Google menguasai lebih dari 65 persen pencarian situs internet di seluruh dunia dan mengantongi sebagian besar dari miliaran dolar pendapatannya dari iklan-iklan yang terkait pencarian.

Komisi Perdagangan Federal Amerika (FTC) ingin mengetahui apakah Google menggunakan dominannya dalam pencarian tidak hanya untuk memperoleh pendapatan iklan tapi juga untuk mengarahkan pengguna ke jaringan-jaringan pelayanannya yang kian berkembang.

Penyelidikan FTC itu mirip yang dilakukan Uni Eropa tahun lalu. Texas juga sedang mencermati praktik bisnis Google.

Eksekutif Google percaya, mereka tidak melakukan sesuatu yang salah atau melanggar undang-undang anti monopoli.

Tahun 1990-an FTC menyelidiki praktik bisnis Microsoft untuk mengetahui apakah perusahaan itu menggunakan sistem operasi Windows untuk mematikan pembuat piranti lunak pesaingnya. Kasus Microsot itu telah diselesaikan tahun 2002, namun baru bulan lalu Microsoft bebas dari pengawasan pemerintah Amerika.

XS
SM
MD
LG