Tautan-tautan Akses

AS

Senator AS: Amerika Segera Buka Kedutaan di Kuba


Senator AS Jeff Flake (kiri) berjabat tangan dengan Wapres Kuba, Miguel Diaz Canel, di Havana, Kuba, Sabtu (13/6).

Senator AS Jeff Flake (kiri) berjabat tangan dengan Wapres Kuba, Miguel Diaz Canel, di Havana, Kuba, Sabtu (13/6).

Tiga senator AS yang sedang berkunjung ke Kuba menyatakan bahwa pembukaan kedutaan AS di Havana akan segera terlaksana.

Tiga senator AS dari Partai Republik bertemu dengan para pejabat senior Kuba hari Sabtu (13/6) di Havana, seorang Senator mengatakan pembukaan kedutaan AS di pulau ini akan “segera terlaksana.”

Senator Jeff Flake, Susan Collins dan Pat Roberts merupakan salah satu kelompok dari beberapa delegasi anggota DPR Amerika yang telah berkunjung ke Kuba, sejak pengumuman oleh para pemimpin di Washington dan Havana yang bertujuan memulihkan hubungan diplomatik kedua negara bulan Desember lalu.

"Kami (delegasi Amerika dan para pejabat Kuba) berbicara tentang hubungan Amerika-Kuba, jadi ini hanya kelanjutan dari pertemuan kita sebelumnya dan yang akan terus ditindaklanjuti. Kami sangat gembira terkait prospek baru bagi hubungan diplomatik penuh, dan sepertinya sudah dekat," kata Senator Jeff Flake. Namun, Flake juga menambahkan bahwa belum ada tanggal yang ditetapkan bagi pembukaan kedutaan AS tersebut.

Sebelumnya dalam pertemuan di Washington 22 Mei lalu, para pejabat AS dan Kuba gagal mencapai kesepakatan atas perjanjian menyeluruh mengenai pembukaan kembali kedutaan kedua negara dan memulihkan sepenuhnya hubungan diplomatik setelah terputus selama lebih dari 50 tahun.

Pejabat Departemen Luar Negeri AS, Roberta Jacobson mengatakan ia masih optimistis bahwa perundingan itu akan diselesaikan tapi kedua pihak masih harus membahas lebih lanjut beberapa hal.

Pemerintah AS pada tanggal 29 Mei resmi mencabut Kuba dari daftar negara yang mensponsori terorisme. Pencabutan Kuba dari daftar itu akan memberi Havana akses lebih besar ke pasar-pasar keuangan global dan pinjaman dari negara-negara donor internasional seperti Bank Dunia.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG