Tautan-tautan Akses

Amerika: Rusia Bisa Akhiri Krisis Kemanusiaan di Ukraina


Wakil Duta Besar Amerika Untuk PBB Rosemary DiCarlo

Wakil Duta Besar Amerika Untuk PBB Rosemary DiCarlo

Rusia mendesak PBB agar segera bertindak untuk mengatasi krisis kemanusiaan di Ukraina, tetapi Amerika mengatakan Rusia justru bisa mengakhiri krisis itu.

Dalam pertemuan darurat Dewan Keamanan hari Selasa atas permintaan Rusia, Duta Besar Rusia Untuk PBB Vitaly Churkin mengatakan semua prinsip kemanusiaan internasional perlu dipatuhi di Ukraina timur. Ia mengecam pemerintah Ukraina atas apa yang disebutnya penindasan dengan kekerasan di kawasan itu.

Wakil Duta Besar Amerika Untuk PBB Rosemary DiCarlo mengatakan Rusia bisa mengakhiri krisis itu dengan menghentikan arus tentara, senjata dan dana bagi separatis. Tapi ia mengatakan Rusia malah menggandakan jumlah batalion tentara dekat perbatasan dan merencanakan latihan militer berskala besar.

Pejabat PBB urusan kemanusiaan John Ging mengatakan kepada Dewan Keamanan situasi disana semakin parah, terutama akibat aksi kekerasan di wilayah-wilayah perkotaan. Ia mengatakan banyak warga yang telah mengungsi tidak mendaftarkan diri ke pihak berwenang sehingga sulit menilai kebutuhan bantuan.

NATO hari Selasa mengatakan Rusia “meningkatkan secara signifikan” jumlah tentaranya di perbatasan dengan Ukraina dalam beberapa hari ini. Saat ini, kata NATO, ada sekitar 20.000 tentara didukung tank, infanteri, pasukan khusus dan pesawat militer.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG