Tautan-tautan Akses

Amerika Protes Penganiayaan Diplomat AS di Vietnam


Pembangkang utama Vietnam, Pastor Nguyen Van Ly.

Pembangkang utama Vietnam, Pastor Nguyen Van Ly.

AS mengirim protes resmi atas serangan terhadap diplomat Christian Marchant, saat mengunjungi pembangkang Vietnam Nguyen Van Ly.

Amerika Serikat telah mengirim protes resmi yang kuat kepada Vietnam atas serangan terhadap seorang diplomat Amerika di Hanoi oleh polisi keamanan Vietnam.

Seorang jurubicara Biro Asia Timur Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan kepada VOA hari Rabu bahwa pemerintah Amerika telah mengirim protes resmi kepada pihak berwenang di Hanoi dan kepada dutabesar Vietnam di Washington, Le Cong Phung, mengenai serangan terhadap Christian Marchant.

Jurubicara itu tidak memberi keterangan mengenai insiden tersebut, tetapi Radio Asia Bebas melaporkan hari Rabu bahwa Marchant diserang ketika mengunjungi pembangkang terkemuka Vietnam Nguyen Van Ly. Pastor gereja Katholik Roma itu baru-baru ini dibebaskan dari pemenjaraan yang lama dengan alasan berobat dan tinggal di daerah keuskupan Hue di Vietnam tengah.

Laporan-laporan itu mengatakan polisi keamanan mencegat Marchant di luar kediaman pastor itu dan mendorongnya sampai jatuh ke tanah sebelum membawanya pergi dalam mobil polisi.

Departemen Luar Negeri Amerika mengingatkan Vietnam bahwa negara itu diwajibkan oleh hukum internasional untuk melindungi para diplomat dari serangan terhadap diri, kebebasan dan martabat mereka.



XS
SM
MD
LG