Tautan-tautan Akses

Amerika Pertimbangkan akan Latih Kopassus


Kopassus TNI AD sedang berlatih pertempuran jarak dekat.

Kopassus TNI AD sedang berlatih pertempuran jarak dekat.

Sebelumnya, AS dilarang memberikan pelatihan kepada Kopassus sejak 1997 karena kasus pelanggaran HAM selama pemerintahan Suharto.

Departemen Pertahanan Amerika mengukuhkan pihaknya sedang mempertimbangkan untuk kembali bekerjasama dengan komando pasukan khusus Indonesia, yang dituduh melakukan pelanggaran HAM.

Juru Bicara Pentagon Brian Whitman memberitahu wartawan di Washington hari Rabu, Amerika telah berbicara dengan Indonesia selama beberapa waktu tentang bagaimana bekerjasama dengan satuan Kopassus Indonesia.

Menurutnya, perjanjian apapun yang nantinya dicapai harus menghormati hukum dan nilai-nilai Amerika serta memajukan kepentingan Amerika.

Menurut undang-undang, Amerika dilarang memberikan pelatihan kepada komando pasukan khusus Indonesia sejak tahun 1997 karena keterlibatan mereka dalam pelanggaran-pelanggaran HAM selama pemerintahan diktator Suharto. Bahkan setelah jatuhnya rezim itu pada tahun 1998, Kopassus dikaitkan dengan pembunuhan-pembunuhan dan penghilangan paksa.

Whitman tidak menjelaskan jenis pelatihan militer apa yang sedang dipertimbangkan, tetapi menurutnya kontra-terorisme merupakan kepentingan bersama kedua negara.

XS
SM
MD
LG