Tautan-tautan Akses

AS

Amerika Peringati Hari Martin Luther King, Jr.


Rakyat Amerika libur hari Senin (18/1) untuk memperingati hari kelahiran pemimpin hak-hak sipil yang tewas terbunuh, Martin Luther King, Jr.

Martin Luther King, Jr. mulai terkenal pada tahun 1955 ketika ia sukses memimpin pemboikotan bus umum di kota Montgomery, Alabama, yang memaksa kota di wilayah selatan Amerika itu mengakhiri praktek pemisahan penumpang berkulit hitam. Ia menjadi tokoh terkemuka gerakan hak-hak sipil tahun 1950-an dan 60-an, yang menginspirasi jutaan orang dengan pidato terkenalnya "I Have a Dream" dalam rapat umum raksasa tahun 1963 di Washington.

Presiden Amerika Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama memperingati hari libur nasional itu dengan melakukan kerja bakti. Pasangan ini membantu pembuatan sebuah taman di sekolah dasar di Washington dan membantu mengisi tas dengan buku-buku untuk anak-anak keluarga kurang mampu.

Dalam pesan Twitternya, Obama berpesan tentang Martin Luther King, "Adalah tugas kami untuk memenuhi visinya tentang sebuah bangsa yang bersungguh-sungguh menolak segala bentuk diskriminasi."

Martin Luther King Jr. menerima Hadiah Nobel Perdamaian tahun 1964, pada tahun yang sama undang-undang hak-hak sipil ditandatangani oleh Presiden Lyndon Johnson.

Martin Luther King Jr. dibunuh tanggal 4 April 1968 di Memphis, Tennessee, selagi ia berkunjung untuk membantu aksi pemogokan para pekerja angkutan sampah berkulit hitam yang menuntut persamaan upah. [zb/ii]

XS
SM
MD
LG