Tautan-tautan Akses

Amerika Peringati 70 Tahun Serangan Jepang di Pearl Harbor


Para pelaut berdiri di antara pesawat yang hancur di Pangkalan Udara Angkatan Laut Amerika Ford Island, saat berlangsungnya serangan Jepang di Pearl Harbor, Hawaii 7 Desember 1941 (foto: dok).

Para pelaut berdiri di antara pesawat yang hancur di Pangkalan Udara Angkatan Laut Amerika Ford Island, saat berlangsungnya serangan Jepang di Pearl Harbor, Hawaii 7 Desember 1941 (foto: dok).

Hari ini, Amerika Serikat memperingati genap 70 tahun “The day of infamy” yang memicu keterlibatan Amerika dalam Perang Dunia Kedua.

Upacara peringatan 7 Desember tahun 1941 akan diadakan di seluruh Amerika, dengan pusat peringatan terbesar di pulau Oahu, Hawaii, Pasifik, dimana serangan tersebut terjadi.

Jumlah orang-orang yang selamat dari Pearl Harbor dan veteran Perang Dunia Kedua, diperkirakan akan datang ke upacara yang tidak jauh dari Tugu Peringatan USS Arizona, dimana rongsokan kapal perang yang dihancurkan itu tenggelam. Peringatan ini akan dihadiri sekitar 3000 hadirin.

Mengheningkan cipta akan diadakan pukul 7 lewat 55 menit pagi hari, saat yang sama saat Angkatan Laut Kekaisaran Jepang memulai serangan mendadaknya 70 tahun yang lalu.

Di Washington, upacara peletakan karangan bunga akan diadakan di tugu peringatan Perang Dunia Kedua di Lapangan Nasional. Dalam rangka memperingati hari itu, Presiden Amerika Barack Obama memberikan penghargaan kepada para korban yang gugur, dengan mengatakan bahwa ketabahan mereka menjadikan mereka generasi yang paling agung.

Serangan Jepang terhadap pangkalan angkatan laut Amerika di Pearl Habor tidak diprovokasi. Empat kapal perang Amerika tenggelam atau terbalik, ratusan pesawat tempur dihancurkan dan lebih dari 2.400 tentara pria, wanita dan kaum sipil tewas. Ini adalah serangan asing yang paling menghancurkan terhadap tanah Amerika sampai 11 September tahun 2001.

Amerika menyatakan perang terhadap Jepang sehari setelah Pearl Harbor diserang. Tanggal 11 Desember tahun 1941, sekutu Axis Jepang : Jerman dan Italia menyatakan perang terhadap Amerika Serikat, yang menandai masuknya Amerika ke perang global itu.

XS
SM
MD
LG