Tautan-tautan Akses

Amerika Minta Dewan Keamanan PBB Tetapkan Sanksi untuk Suriah


Dubes Amerika untuk PBB, Susan Rice (foto: dok).

Dubes Amerika untuk PBB, Susan Rice (foto: dok).

Setelah jatuhnya sanksi Liga Arab dan laporan PBB terkait Suriah, Amerika meminta PBB meninjau kembali aksi yang mungkin bisa diterapkan Dewan Keamanan untuk negara itu.

Amerika Serikat dan Jerman mengatakan Dewan Keamanan PBB harus menanggapi penindakan maut Suriah terhadap para demonstran setelah para penyelidik PBB merinci pelanggaran berat HAM yang menurut mereka diperintahkan oleh pejabat-pejabat tertinggi dalam pemerintahan Presiden Bashar al-Assad.

Duta Besar Amerika untuk PBB Susan Rice hari Senin mengatakan bahwa dengan keputusan Liga Arab baru-baru ini untuk memberlakukan sanksi-sanksi terhadap Suriah dan kekejaman yang kini tercatat dalam laporan PBB, sudah waktunya untuk meninjau kembali aksi-aksi yang mungkin diterapkan oleh Dewan Keamanan.

Komisi PBB yang menyelidiki tuduhan pelanggaran HAM di Suriah menuduh pasukan pemerintah Suriah melakukan eksekusi ringkas, penahanan sewenang-wenang, penghilangan orang-orang secara paksa, penganiayaan, termasuk kekerasan seksual, serta pelanggaran hak anak-anak.

Laporan yang dilansir hari Senin menyebutkan pasukan Suriah telah membunuh 256 anak-anak, termasuk bocah perempuan usia 2 tahun, dan bahwa penganiayaan dilakukan baik terhadap orang dewasa maupun anak-anak.

Laporan itu mengutip banyak kesaksian yang mengindikasikan bahwa bocah-bocah lelaki menjadi sasaran penganiayaan seksual di tempat-tempat tahanan di hadapan para lelaki dewasa. Temuan kelompok itu akan diajukan ke Dewan HAM dan Majelis Umum PBB, yang akan memutuskan langkah selanjutnya.

XS
SM
MD
LG