Tautan-tautan Akses

Amerika Umumkan Penjualan Senjata Baru kepada Taiwan


Amerika memperpanjang program pelatihan pilot dan membantu memperkuat armada pesawat tempur F 16 Taiwan (foto:dok).

Amerika memperpanjang program pelatihan pilot dan membantu memperkuat armada pesawat tempur F 16 Taiwan (foto:dok).

Meskipun dikecam Tiongkok, Amerika tetap menjual paket persenjataan kepada Taiwan.

Amerika secara resmi telah mengumumkan rencana untuk menjual paket senjata baru kepada Taiwan, seharga 5,85 milyar dolar.

Pemerintah Obama memberitahukan Kongres Amerika Rabu mengenai rencana itu yang akan meningkatkan mutu armada Taiwan 145 pejawat jet tempur F-16 dan akan memperpanjang 5 tahun program pelatihan bagi para pilot Taiwan di pangkalan udara Luke di negara bagian Arizona.

Juru bicara Deplu Amerika Mark Toner mengatakan paket itu akan memberikan sumbangan siknifikan dan segera kepada kemampuan Taiwan untuk mempertahankan ruang angkasanya.

Dia katakan, dengan penjualan itu, Amerika akan telah menjual kepada Taiwan senjata dalam dua tahun ini lebih dari 12 milyar dolar, yang dia katakan jelas menunjukkan komitmen terus Amerika kepada kemampuan pertahanan Taiwan.

Pemerintah Taiwan dan banyak pembuat undang-undang Amerika menginginkan persetujan yang lebih besar, termasuk penjualan 66 pesawat mutakhir jet tempur F-16. Tetapi pejabat senior Amerik Selasa mengatakan, rencana untuk meningkatkan mutu armada pesawat tempur F-16 Taiwan akan memberikan tingkat mutu yng sama sebagaimana pesawat yang lebih maju yang ingin dibeli Taiwan.

Tiongkok yang mengklaim Taiwan sebagai wilyahnya, memberikan reaksi marah, dengan mengatakan penjualan senjata baru itu akan merusak hubungan Tiongkok- Amerika.

XS
SM
MD
LG