Tautan-tautan Akses

AS: Tak Ada Konfirmasi Militer Rusia Masuk ke Ukraina


Iring-irigan kendaraan militer Rusia di sebuah jalanan 15 kilometer dari perbatasan dengan Ukraina di daerah Rostov-on-Don, Jumat (15/8).

Iring-irigan kendaraan militer Rusia di sebuah jalanan 15 kilometer dari perbatasan dengan Ukraina di daerah Rostov-on-Don, Jumat (15/8).

Gedung Putih mengatakan pihaknya tidak bisa mengkonfirmasi laporan bahwa pasukan Ukraina menghancurkan sebuah konvoi militer Rusia yang katanya melintas perbatasan dan masuk ke Ukraina timur.

Seorang juru bicara, Caitlin Hayden, mengatakan Jumat sore, para pejabat Amerika sedang berusaha mengumpulkan informasi tentang situasinya. Katanya, Amerika tetap prihatin dengan penyusupan oleh Rusia atau yang didukung Rusia ke dalam wilayah Ukraina.

Sebelumnya pada Jumat, Rusia membantah laporan bahwa sebuah konvoi kendaraan militer Rusia melintas dan masuk ke Ukraina timur Kamis sore dan berhasil dihancurkan oleh pasukan Ukraina.

Tetapi kantor Presiden Ukraina, Petro Poroshenko, mengatakan, Ukraina menghancurkan sebagian besar dari konvoi militer tersebut. Poroshenko juga memberi konfirmasi terhadap laporan media bahwa kendaraan militer Rusia terlihat melintas masuk Ukraina sekitar 30 kilometer dari tempat dimana konvoi bantuan Rusia dihentikan untuk inspeksi.

Pentagon mengatakan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoygu dan Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel membahas konvoi bantuan itu per telepon Jumat.

Sekretaris Pers Pentagon, Laksamana John Kirby mengatakan Hagel minta klarifikasi tentang konvoi, dan Shoygu memberi jaminan bahwa konvoi itu tidak dimuati dengan personil militer dan tidak dipakai sebagai cara untuk memulai sebuah intervensi Rusia di Ukraina.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG