Tautan-tautan Akses

Amerika Lakukan Serangan Udara untuk Kota di Irak Utara


Seorang perempuan memeluk searing anak di helikopter militer setelah dievakuasi oleh pasukan Irak dari Amerli, Baghdad utara, 29 Agustus 2014.

Seorang perempuan memeluk searing anak di helikopter militer setelah dievakuasi oleh pasukan Irak dari Amerli, Baghdad utara, 29 Agustus 2014.

Departemen Pertahanan Amerika mengatakan Amerika melakukan serangan udara dan memberikan bantuan kemanusiaan untuk Amerli, yang terputus dari pasokan makanan, air dan medis selama dua bulan akibat kepungan ISIS.

Sekretaris Pers Pentagon Laksamana John Kirby dalam sebuah pernyataan mengatakan, AU telah memberikan bantuan Sabtu bersama pesawat Australia, Perancis dan Inggris.

Kirby mengatakan Amerika melakukan serangan udara terkoordinir terhadap teroris ISIS didekatnya guna mengamankan operasi bantuan kemanusiaan ini.

Australia mengatakan pihaknya bergabung dalam upaya internasional untuk memasok senjata bagi pasukan Kurdi yang memerangi militan ISIS.

Perdana Menteri Australia Tony Abbott mengatakan Minggu (31/8), situasi di Irak adalah sebuah“bencana kemanusiaan. Ia mengatakan Australia akan terus bekerja sama dengan mitra-mitra internasional untuk menanggapi ancaman keamanan yang diakibatkan oleh militan itu.

Pasukan Irak dan Kurdi melancarkan sebuah ofensif hari Sabtu (30/8) yang ditujukan untuk membebaskan Amerli yang terkepung itu.

Sumber-sumber mengatakan pasukan Irak dan Peshmerga Kurdi bergerak maju ke Amerli dari empat arah.

Penduduk bersenjata di kota yang populasinya 15 ribu itu tidak berhasil mempertahankan diri terhadap serangan ISIS, yang menganggap populasi Turkmen Shiah itu sebagai murtad.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan Washington akan memanfaatkan KTT NATO mendatang untuk mendesak pembentukan sebuah koalisi guna memerangi ekstremis Suni itu.

XS
SM
MD
LG