Tautan-tautan Akses

Amerika, Korsel Mulai Latihan Militer Bersama


Marinir AS dan Korea Selatan dalam latihan militer bersama di Pohang, 370 kilometer sebelah tenggara kota Seoul, 26 April 2013 (Foto: dok).

Marinir AS dan Korea Selatan dalam latihan militer bersama di Pohang, 370 kilometer sebelah tenggara kota Seoul, 26 April 2013 (Foto: dok).

Kementerian Pertahanan Korea Selatan menyebut latihan itu “yang terbesar dalam sejarah,” dengan 300 ribu pasukan Korea Selatan dan paling sedikit 17 ribu pasukan Amerika ikut dalam latihan itu.

Amerika Serikat dan Korea Selatan memulai beberapa latihan militer bersama setiap tahun, setelah beberapa hari ancaman Korea Utara bahwa pihaknyaakan membalas kalau latihan perang itu berubah menjadi serangan, ancaman yang umumnya dilontarkan setiap tahun.

Latihan tahunan Amerika dan Korea Selatan itu akan diadakan selama delapan pekan dan dengan seksama direncanakan. Kegiatan hari Sabtu (12/3) dimulai dengan pasukan Amerika dan Korea Selatan dalam kendaraan penyerang yang menyerbu pantai di pantai timur Korea Selatan.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan menyebut latihan itu “yang terbesar dalam sejarah,” dengan 300 ribu pasukan Korea Selatan dan sedikitnya 17 ribu pasukan Amerika ikut dalam latihan itu.

Pernyataan Amerika yang dikeluarkan sebelum latihan itu mulai mengatakan kira-kira 55 pesawat Marinir Amerika dan 30 kapal Amerika dan Korea Selatan digunakan dalam latihan perang dekat Kota Pohang itu.

Militer Korea Utara telah mengatakan pihaknya siap melawan pasukan Amerika dan Korea Selatan “dengan serangan yang ultra-presisi gaya Korea.”

Dalam menanggapinya, Kementerian Pertahanan Korea Selatan telah memperingatkan Pyongyang agar jangan “bertingkah gegabah dan melakukan provokasi.” [gp]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG