Tautan-tautan Akses

Amerika Kecewa atas Putusan Hukuman Iran kepada 2 Warga AS


Dua warga AS, Shane Bauer (kiri) dan Josh Fattal, dijatuhi hukuman 8 tahun penjara oleh pengadilan di Teheran (foto: dok.).

Dua warga AS, Shane Bauer (kiri) dan Josh Fattal, dijatuhi hukuman 8 tahun penjara oleh pengadilan di Teheran (foto: dok.).

Dua warga AS dijatuhi hukuman 8 tahun penjara atas tuduhan melakukan kegiatan mata-mata dan masuk ke Iran secara tidak sah.

Amerika sangat kecewa karena Iran menjatuhkan hukuman penjara delapan tahun bagi dua orang pengelana Amerika, atas tuduhan melakukan kegiatan mata-mata dan masuk ke Iran secara tidak sah.

Kata Menteri LN Hillary Clinton, sudah tiba saatnya kedua orang Amerika itu dipulangkan. Clinton mengatakan ia dan presiden Obama menyatakan dukungan tegas bagi kedua orang itu, yang ditangkap bersama seorang perempuan kawan mereka dua tahun lalu ketika sedang berkelana di perbatasan Irak-Iran.

Pengacara kedua warga Amerika itu mengatakan akan naik banding atas keputusan pengadilan itu. Jaksa Iran Abbas Jafari Dolatabadi mengatakan hari Minggu bahwa Shane Bauer dan Josh Fattal dijatuhi hukuman lima tahun penjara atas tuduhan melakukan kegiatan mata-mata, ditambah tiga tahun karena masuk secara gelap ke Iran.

Kedua orang itu diberi waktu 20 hari untuk naik banding. Sarah Shourd, orang ketiga yang ditangkap Iran itu dibebaskan dengan uang jaminan setengah juta dollar tahun lalu dan telah kembali ke Amerika.

XS
SM
MD
LG