Tautan-tautan Akses

Amerika, India akan Kerjasama untuk Perluas Perdagangan


Presiden Barack Obama dan PM Manmohan Singh menyepakati perjanjian perdagangan AS-India di New Delhi.

Presiden Barack Obama dan PM Manmohan Singh menyepakati perjanjian perdagangan AS-India di New Delhi.

Presiden Obama dan PM Manmohan Singh mengumumkan perjanjian dagang senilai 10 miliar dolar bagi para eksportir AS.

Presiden Barack Obama dan PM India Manmohan Singh berusaha menghalau kekhawatiran bahwa serangkaian perjanjian perdagangan baru akan menguntungkan satu negara dengan mengorbankan negara lain.

Amerika Serikat telah mengumumkan perjanjian dagang senilai 10 miliar dolar bagi para eksportir Amerika, tapi baik Obama maupun Singh mengatakan perjanjian baru itu akan menguntungkan kedua negara serta membantu sasaran untuk menyeimbangkan kembali perdagangan dunia.

Singh juga mengatakan perjanjian perdagangan baru itu penting untuk mempertahankan laju pertumbuhan ekonomi India dan mengangkat banyak warga negaranya keluar dari kemiskinan. Dan dia membela India dari tuduhan bahwa pertumbuhan ekonominya terjadi atas pengorbanan Amerika, saat perusahaan Amerika mengirim pekerjaan ke luar negeri. Dia memberitahu wartawan bahwa India tidak dalam usaha mencuri lapangan kerja.

Pada jumpa pers mereka di New Delhi Senin ini, kedua pemimpin juga berbicara mengenai perluasan kerjasama dalam mengembangkan energi bersih dan pendidikan tinggi.

XS
SM
MD
LG