Tautan-tautan Akses

Amerika Himbau Afghanistan Tingkatkan Keamanan


Menhan AS Robert Gates dan Presiden Afghanistan Hamid Karzai dalam konferensi pers bersama di Kabul (4/6).

Menhan AS Robert Gates dan Presiden Afghanistan Hamid Karzai dalam konferensi pers bersama di Kabul (4/6).

Menhan AS Robert Gates menyampaikan pesan tegas itu kepada Presiden Afghanistan Hamid Karzai dalam kunjungan ke Kabul hari Sabtu.

Amerika memperingatkan Afghanistan agar meningkatkan keamanan, kalau tidak, penarikan pasukan Amerika akan terganggu.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates, yang masa jabatannya segera berakhir, menyampaikan pesan tegas itu kepada Presiden Afghanistan Hamid Karzai dalam kunjungan ke Kabul hari Sabtu.

Kepada wartawan dalam jumpa pers, Gates juga mengatakan, walau komunitas internasional akan mendukung Afghanistan, komitmen militer Amerika bagi Afghanistan bukannya "tidak terbatas, baik dalam waktu maupun sumber daya."

Lawatan Gates ke-12 dan terakhir ke Afghanistan itu terjadi selagi ketegangan mengenai jumlah korban sipil yang terus bertambah di Afghanistan kian membuat tegang hubungan Amerika-Afghanistan.

Presiden Karzai menyatakan kemarahannya awal pekan ini atas jatuhnya korban sipil akibat serangan udara Amerika terhadap satu rumah pribadi. Hari Sabtu, ia kembali menuntut diakhirinya serangan tersebut, dengan menyatakan warga Afghanistan tidak bisa lagi menerima hal itu.

Sebelum tiba di Afghanistan, Menteri Pertahanan Amerika itu mengakui, baik Amerika maupun warga sipil Afghanistan semakin jemu akan perang. Tapi ia juga mengatakan kegagalan untuk menuntaskan misi itu akan menjadi "kerugian paling besar."

Sebelum meninggalkan Afghanistan, Gates dijadwalkan bertemu pasukan Amerika.

XS
SM
MD
LG