Tautan-tautan Akses

AS

Amerika Hentikan Bantuan Militer Bagi Rwanda


Tentara pemberontak Kongo, M23 beristirahat dalam posisi siaga di Karambi, provinsi Kivu bagian utara, dekat perbatasan Uganda (12/7).

Tentara pemberontak Kongo, M23 beristirahat dalam posisi siaga di Karambi, provinsi Kivu bagian utara, dekat perbatasan Uganda (12/7).

Amerika Serikat menghentikan bantuan militer bagi Rwanda dan menyatakan keprihatinan akan dukugan pemerintah Rwanda terhadap pemberontak Kongo.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan hari Sabtu, terdapat bukti bahwa Rwanda membantu kelompok pemberontak Kongo, termasuk M23. Dikatakan, Amerika akan menahan bantuan 200.000 dolar yang dijanjikan untuk membantu badan pelatihan militer. Pemerintah Rwanda telah berulang-kali membantah tuduhan membantu pemberontak.

Langkah Amerika itu diambil setelah Presiden Rwanda dan Presiden Republik Demokrasi Kongo menyetujui pengiriman pasukan internasional untuk memerangi pemberontakan di Kongo timur dan mematroli perbatasan mereka.

Tentara Kongo telah berusaha selama bertahun-tahun, dengan sedikit sukses, untuk mengatasi kelompok-kelompok pemberontak di provinsi-provinsi bagian timur yang rusuh dan kaya bahan tambang.

M23 terdiri dari bekas tentara yang diperkirakan setia kepada Bosco Ntaganda, pemimpin perang yang dicari-cari oleh Mahkamah Kejahatan Internasional atas tuduhan melakukan kejahatan perang.
XS
SM
MD
LG