Tautan-tautan Akses

Amerika Ekstradisi Tersangka Penjahat Perang Bosnia


Rasema Handanovic, warga Bosnia yang diduga ikut dalam pembunuhan warga sipil Bosnia-Kroasia 1992-1995 (foto: dok).

Rasema Handanovic, warga Bosnia yang diduga ikut dalam pembunuhan warga sipil Bosnia-Kroasia 1992-1995 (foto: dok).

Amerika mengekstradisi Rasema Handanovic, yang diduga ikut dalam pembunuhan warga sipil Bosnia-Kroasia 1992-1995, ke Bosnia.

Amerika telah mengekstradisi seorang perempuan Muslim Bosnia yang diduga ikut dalam pembunuhan warga sipil Bosnia-Kroasia dan tahanan perang selama konflik etnis di kawasan itu tahun 1992-1995.

Dalam pernyataan hari Selasa, jaksa Bosnia mengatakan Amerika mengekstradisi Rasema Handanovic ke Bosnia. Perempuan itu dibawa ke tahanan setibanya di Sarajevo.

Handanovic adalah bagian dari unit “Zulfikar” angkatan bersenjata Bosnia yang dicurigai ikut ambil bagian dalam serangan terhadap desa Trusina, Kroasia tahun 1993. Ia secara pribadi dituduh membunuh sekitar 18 warga sipil Bosnia-Kroasia dan empat tahanan perang .

Handanovic pindah ke Amerika setelah perang itu dan tinggal di negara bagian Oregon, dimana ia ditangkap bulan April lalu atas permintaan jaksa Bosnia.

Tentara lainnya yang dituduh ikut dalam pembunuhan itu adalah Edin Dzeko yang di ekstradisi dari Amerika ke Bosnia awal bulan ini untuk menghadapi tuduhan.

XS
SM
MD
LG