Tautan-tautan Akses

Amerika Dakwa 4 Laki-laki Karena Danai Al Qaida dan Awlaki


Anwar al-Awlaki, mendiang pemimpin al-Qaida kelahiran Amerika (Foto: dok. REUTERS/Intelwire.com)

Anwar al-Awlaki, mendiang pemimpin al-Qaida kelahiran Amerika (Foto: dok. REUTERS/Intelwire.com)

Amerika menuduh empat laki-laki berkomplot untuk pergi ke Yaman dan memberi puluhan ribu dolar Amerika kepada mendiang pemimpin al-Qaida kelahiran Amerika Anwar al-Awlaki untuk mendukung jihad kekerasan terhadap personil militer Amerika di Irak, Afghanistan di seluruh dunia.

Dalam pembacaan dakwaan hari Kamis (5/11) di Ohio, jaksa Amerika menuduh Yahya Farooq Mohammad, Ibrahim Zubair Mohammad, Asif Ahmed Salim dan Sultane Room Salim memberikan dukungan materi kepada teroris dan berkomplot untuk melanggar hukum.

Farooq Mohammad dan Ibrahim Mohammad menghadapi tuduhan tambahan berkomplot untuk melakukan penipuan bank.

Keempat laki-laki “berkomplot akan menyediakan dan telah menyediakan dukungan material kepada Anwar al-Awlaki menanggapi permintaan Awlaki untuk mendukung jihad dengan kekerasan, kata wakil jaksa John Carlin.

Dua dari laki-laki itu adalah warga Amerika sementara dua lainnya menikah dengan warga Amerika.

Menurut dakwaan itu, dari bulan Januari 2005 sampai Januari 2012 para tersangka berkomplot untuk meyediakan dana, peralatan dan bantuan lain bagi Anwar al-Awlaki. Al-Awlaki pemimpin penting al-Qaida di Semenanjung Arab dinyatakan sebagai teroris global tahun 2010 dan tewas karena serangan pesawat tak berawak Amerika di Yaman tahun 2011.[my/ii]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG