Tautan-tautan Akses

Amerika, China Janji Kelola Perbedaan dan Bekerjasama Hadapi Ancaman


Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dan anggota senior kabinet China Yang Jiechi dalam pertemuan di Boston, Massachusetts (18/10). (Reuters/Brian Snyder)

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dan anggota senior kabinet China Yang Jiechi dalam pertemuan di Boston, Massachusetts (18/10). (Reuters/Brian Snyder)

Menteri Luar Negeri AS dan anggota senior kabinet China Yang Jiechi menyatakan tekad akan bekerjasama terkait Afghanistan, Iran, Korea Utara dan perubahan iklim.

Amerika dan China menegaskan perlunya mengatasi rasa saling tidak percaya, mengelola perbedaan pendapat dan bekerjasama menghadapi terorisme, kelompok militan Negara Islam (ISIS) dan penyebaran virus Ebola.

Dalam pertemuan hari kedua Sabtu (18/10) di Boston, Amerika, Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry dan anggota senior kabinet China Yang Jiechi juga menyatakan tekad akan bekerjasama terkait Afghanistan, Iran, Korea Utara dan perubahan iklim.

Kedua diplomat itu mengatakan hubungan Amerika-China cukup matang untuk bisa mengatasi perbedaan pendapat sekaligus mengembangkan bidang-bidang yang menjadi kepentingan bersama.

Yang mengatakan Amerika dan China perlu meningkatkan kerjasama dalam isu-isu terkait Asia-Pasifik karena kawasan tersebut telah mengalami pembangunan ekonomi yang kokoh.

Pertemuan di Boston itu bertujuan menggalang hubungan kedua negara menjelang KTT pemimpin Asia Pasifik bulan depan di Beijing. Presiden Amerika Barack Obama dan Presiden China Xi Jinping dijadwalkan bertemu dalam KTT itu.

XS
SM
MD
LG