Tautan-tautan Akses

AS

Amerika Bagian Barat Dilanda Banjir “Berbahaya dan Bersejarah”


Air sungai Bourbeuse yang meluap di sekitar restoran McDonald's, Selasa, 29 Desember 2015 di Union, Missouri.

Air sungai Bourbeuse yang meluap di sekitar restoran McDonald's, Selasa, 29 Desember 2015 di Union, Missouri.

Banjir yang jarang terjadi pada musim dingin telah menewaskan sedikitnya 20 orang dan mengancam hampir 20 tanggul di negara bagian Missouri dan Illinois, yang beberapa hari ini telah dilanda hujan tropis terbesar dalam sejarah.

Gubernur Missouri Jay Nixon mengumumkan kondisi darurat dan menyerukan pasukan Garda Nasional untuk membantu.

The US Army Corps of Engineers telah menyatakan bahwa 19 tanggul di kawasan St. Louis sangat rawan meluap, yang juga bisa membuat tempat-tempat pembuangan limbah yang selama ini tidak terawat meluap ke beberapa daerah.

Di Valley Park yang terletak di pinggiran St. Louis, Walikota Michael Pennise memerintahkan evakuasi bagi 350 hingga 450 penghuni rumah dan puluhan pebisnis di bagian kota yang letaknya dekat dengan Sungai Meramec yang ketinggian airnya meningkat dengan cepat.

Peramal cuaca memperkirakan ketinggian air di Sungai Mississippi akan mencapai 15,1 meter pada hari Jum’at (1/1), yang berarti sama dengan “Banjir Dahsyat” tahun 1993. Sementara ketinggian air di Sungai Missouri diperkirakan akan mencapai 14,5 meter hari Sabtu (2/1) memecahkan rekor sebelumnya.

Naiknya ketinggian air memaksa penutupan beberapa bagian jalan raya antar-negara bagian dan juga jalan-jalan di hampir 500 lokasi lain di Missouri. Nixon hari Selasa mendesak para pengemudi kendaraan untuk menghindari jalan-jalan yang tergenang banjir. [em/al]

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG