Tautan-tautan Akses

Amerika, Australia Cabut Sanksi atas Fiji


Penguasa militer Fiji Voreqe Bainimarama (kiri) memberikan suaranya pada pemilu September 2014 di Suva, Fiji. (AP/Pita Ligaiula)

Penguasa militer Fiji Voreqe Bainimarama (kiri) memberikan suaranya pada pemilu September 2014 di Suva, Fiji. (AP/Pita Ligaiula)

Australia dan Amerika mengikuti langkah serupa oleh lembaga-lembaga internasional lain yang memulihkan hubungan dengan Fiji.

Amerika dan Australia telah mencabut sanksi-sanksi atas Fiji setelah pemilu demokratis bulan lalu di negara Pasifik Selatan itu.

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop Jumat (31/10) memulai lawatan dua hari ke Fiji, dan mengumumkan negaranya telah mencabut semua sanksi yang tersisa termasuk penjualan senjata.

Duta Besar Amerika untuk Fiji Frankie Reed mengatakan negaranya telah mencabut pembatasan bantuan finansial bagi pemerintah Fiji. Reed juga mengatakan Amerika masih mengkaji untuk memulai lagi kerjasama militer dengan Fiji.

Pemilu di Fiji bulan lalu adalah yang pertama sejak penguasa militer Voreqe Bainimarama merebut kekuasaan di negara pulau berpenduduk 900.000 orang itu lewat kudeta 2006. Partai milik Bainimarama menang mutlak dalam pemilu tersebut.

Australia dan Amerika mengikuti langkah serupa oleh lembaga-lembaga internasional lain yang memulihkan hubungan dengan Fiji. Bulan September, kelompok negara persemakmuran mengembalikan status keanggotaan penuh Fiji. Minggu lalu, Forum Negara Pasifik mencabut penangguhan keanggotaan Fiji.

XS
SM
MD
LG