Tautan-tautan Akses

AS akan Tarik Pasukan dari Propinsi Wardak, Afghanistan


Pejabat militer AS, Jenderal Joseph Dunford menyetujui penarikan pasukan AS dari propinsi Wardak (foto: dok).

Pejabat militer AS, Jenderal Joseph Dunford menyetujui penarikan pasukan AS dari propinsi Wardak (foto: dok).

Jenderal Joseph Dunford mengumumkan pasukan Amerika di Wardak akan digantikan oleh tentara dan polisi Afghanistan, Rabu (20/3).

Pejabat militer Amerika, Jenderal Joseph Dunford mengatakan Afghanistan dan Amerika Serikat telah mencapai persetujuan mengenai penarikan pasukan Amerika dari propinsi Wardak, Afghanistan selatan, dan mengganti mereka dengan pasukan keamanan Afghanistan.

Jenderal Joseph Dunford mengumumkan hari Rabu (20/3) bahwa pasukan Amerika di Wardak akan digantikan oleh tentara dan polisi Afghanistan.

Presiden Afghanistan Hamid Karzai telah memerintahkan pengusiran pasukan Amerika dari provinsi itu setelah penduduk desa mengatakan pasukan Amerika bertanggung-jawab atas penyiksaan dan pembunuhan warga sipil – tuduhan yang dengan kuat dibantah oleh Amerika.

Amerika enggan menarik pasukan dari daerah itu karena adanya kekhawatiran bahwa penarikan tiba-tiba tersebut akan memungkinkan pemberontak memperkuat kehadiran mereka di daerah itu dan menggunakan daerah itu sebagai basis untuk menyerang Kabul, yang jaraknya hanya 25 kilometer dari Wardak.
XS
SM
MD
LG