Tautan-tautan Akses

Amerika: Badan Inteljen Pakistan Miliki Kaitan dengan Kelompok Militan


Laksamana AS, Mike Mullen melakukan pembicaraan dengan Panglima Militer Pakistan Ashfaq Kayani di Islamabad (20/4).

Laksamana AS, Mike Mullen melakukan pembicaraan dengan Panglima Militer Pakistan Ashfaq Kayani di Islamabad (20/4).

Laksamana AS, Mike Mullen mengatakan bahwa sejumlah anggota inteljen Pakistan memiliki hubungan dengan jaringan kelompok militan Haqqani.

Pejabat tinggi militer Amerika mengatakan badan inteljen Pakistan masih memiliki kaitan dengan pertempuran sejumlah kelompok militan di Afghanistan.

Mike Mullen, Ketua Gabungan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Amerika, hari Rabu mengatakan kepada media Pakistan bahwa sejumlah anggota badan “Inter-Services Intelligence” atau badan inteljen Pakistan, memiliki hubungan yang sudah sangat lama dengan jaringan kelompok militan Haqqani. Para pejabat Amerika selama bertahun-tahun telah mencurigai hubungan tersebut, yang dibantah Pakistan.

Mike Mullen tiba di Islamabad Rabu pagi dalam lawatan dua hari, termasuk melakukan pembicaraan dengan Panglima Militer Pakistan Ashfaq Kayani.

Lawatan tersebut berlangsung di tengah ketegangan antara kedua negara, setelah penangkapan seorang kontraktor CIA di Pakistan, serangkaian serangan pesawat tanpa awak yang mematikan di Pakistan bagian barat laut dan laporan Gedung Putih yang mengecam upaya-upaya kontra-terorisme oleh Pakistan.

Mike Mullen mengatakan ia membahas isu-isu serangan pesawat tanpa awak dengan Ashfaq Kayani, tetapi tidak mengomentari apakah Amerika akan melanjutkan kampanye melawan para militan di kawasan kesukuan Pakistan.

XS
SM
MD
LG