Tautan-tautan Akses

Alokasi Peserta Piala Dunia 2014 Sama Seperti Tahun 2010 dan 2006


Logo Piala Dunia 2014 di Brazil.

Logo Piala Dunia 2014 di Brazil.

FIFA telah memutuskan alokasi jumlah negara peserta dalam Piala Dunia 2014 di Brazil akan sama seperti di Afrika Selatan dan Jerman.

FIFA telah memutuskan alokasi jumlah negara peserta dalam Piala Dunia 2014 di Brazil akan sama seperti kejuaraan tahun lalu di Afrika Selatan dan di Jerman tahun 2006.

Namun pertandingan playoff akan ditentukan lewat penarikan undian, bukan ditetapkan sebelumnya. Ini berarti tim-tim dari zona Amerika Utara, Tengah dan Karibia (CONCACAF) tidak selalu harus bermain melawan tim dari Amerika Selatan dalam babak playoff. Mereka bisa mendapat lawan dari Asia atau Oseania, dan zona lainnya dalam penarikan undian playoff.

Afrika mendapat lima tempat dan Eropa masih mempertahankan 13 tempat, sedangkan CONCACAF secara otomatis mendapatkan tiga tempat dan Asia mendapat empat tempat.

Satu-satunya perbedaan dalam pengaturan 32 finalis Piala Dunia 2014 adalah Amerika Selatan bisa memiliki enam perwakilan jika salah satu timnya berhasil menang di babak playoff, karena Amerika Selatan mendapat jatah empat tim dan Brazil secara otomatis memenuhi syarat sebagai tuan rumah.

CONCACAF berupaya mendapatkan empat tempat secara otomatis dalam babak kualifikasi, tapi permintaannya ditolak.

Presiden FIFA Sepp Blatter mengatakan kepada wartawan, "CONCACAF tidak begitu senang namun akhirnya mereka harus mengakui bahwa sebagian besar anggota komite eksekutif ingin mempertahankan prinsip yang telah berlaku sebelumnya."

Pada babak playoff Piala Dunia tahun lalu, Uruguay menyingkirkan Kosta Rika dan Selandia Baru mengalahkan Bahrain.

XS
SM
MD
LG