Tautan-tautan Akses

Irna: Halo dan apa kabar semua sobat VOA. Di sini saya bersama

Brandon: Brandon Garner, welcome friends to All About Idioms

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum dalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari-hari. Idiom adalah sekumpulan kata yang punya arti tersendiri jadi tidak bisa diterjemahkan secara harfiah. Oleh karena itu jika seseorang memahami idiom yang jumlahnya ribuan itu sering dinilai bahasa Inggrisnya setara dengan native speaker. Salah satu idiom yang sering kita dengar atau baca adalah … Brandon?

Brandon: TALK YOUR EAR OFF sekali lagi TALK YOUR EAR OFF

Irna: Artinya tak henti-hentinya ngomong sampai membuat telinga kita hamper terlepas dari kepala kita. TALK ejaannya T-A-L-K artinya bicara, EAR, ejaannya E-A-R artinya telinga atau kuping, sementara OFF, ejaannya O-F-F.

Kita simak contohnya:

Brandon: On the train to New York I sat next to a man who talked my ear off about himself. He didn’t even stop to catch his breath. It was the longest three hours I’ve spent in my life.

Irna: Artinya: Di kereta api menuju New York saya duduk di sebelah seorang laki-laki yang ngomong terus tidak henti-hentinya mengenai dirinya. Ini merupakan tiga jam terlama seumur hidup saya.

Kemudian ada lagi idiom:

Brandon: TALK A BLUE STREAK sekali lagi TALK A BLUE STREAK

Irna: Artinya ngomong cepat sekali tanpa titik dan koma. “BLUE STREAK” terdiri dari dua kata “B-L-U-E” ejaannya B-L-U-E artinya biru dan “S-T-R-E-A-K” ejaannya S-T-R-E-A-K “BLUE STREAK” secara harfiah artinya secepatkilat sebelum halilintar. Kita simak contohnya:

Brandon: Barbara is very attractive, but she has one problem, she talks a blue streak. At dinner she chattered away so fast I couldn’t get a word edgewise. I doubt I’ll ever ask her out again.

Irna: Artinya: Barbara memang cakep, tetapi ada satu hal yang kurang menyenangkan pada dirinya, dia ngomong terus-terusan dan cepat sekali tanpa titik koma sehingga aku tak pernah punya kesempatan untuk ngomong sepatah katapun. Barangkali aku tak akan mengajaknya kencan lagi.

Irna: Hanya sekian untuk hari ini.

Brandon: Friends, we’ll be back soon. So long and thanks for listening.

XS
SM
MD
LG