Tautan-tautan Akses

All About Idioms: Right On The Money/A Run For The Money


Irna: Halo semua sobat VOA, apa kabar? Di sini saya bersama

Brandon: Brandon Garner, welcome friends to ALL ABOUT IDIOMS.

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum dalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari-hari. Idiom adalah sekumpulan kata yang punya arti tersendiri jadi tidak bisa diterjemahkan secara harfiah. Oleh karena itu jika seseorang memahami idiom yang jumlahnya ribuan sering dinilai bahasa Inggrisnya setara dengan native speaker. Salah satu idiom yang sering kita dengar atau baca adalah.. Brandon?

Brandon: RIGHT ON THE MONEY, Irna sekali lagi RIGHT ON THE MONEY

Irna: Artinya tepat sekali. “RIGHT” ejaannya R-I-G-H-T berarti benar atau tepat, dan “right on the money” maknanya tepat atau akurat. ON ejaannya O-N antara lain artinya di atas atau mengenai bergantung pada konteks kalimat. MONEY ejaannya M-O-N-E-Y artinya uang.Kita simak contohnya.

Brandon: I always listen to Harry Temple on the weekend TV talk shows. He really knows politics; when he predicts how some political fight will turn out, he’s usually RIGHT ON THE MONEY.

Irna: Artinya: Saya selalu mendengarkan Harry Temple dalam acara talks show televisi setiap akhir pekan. Ia benar-benar tahu politik, prediksinya mengenai akhir sebuah pertarungan politik biasanya selalu akurat atautepat.

Irna: Kemudian ada lagi idiom:

Brandon: “A RUN FOR THE MONEY” sekali lagi “A RUN FOR THE MONEY”

Irna: Artinya upaya sekuat tenaga untuk melakukan yang sebaiknya dalam semacam kompetisi, sehingga kalaupun kalah pihak lawan akan menang tipis. RUN ejaannya R-U-N artinya lari FOR ejaannya F-O-R artinya untuk.

Idiom ini sering digunakan dalam pemilu, bisnis dan khususnya dalam pertandingan olahraga. Kita simak contohnya:

Brandon: That other team is tough, after all they were the champions last year. But our guys are ready, and I tell you, win or lose we’ll give those guys a real RUN FOR THE MONEY.

Irna: Artinya: Tim lawan memang tangguh, mereka ‘kan juara tahun lalu. Tetapi tim kami sudah siap, dan percayalah, kalah atau menang kami akan memberi mereka perlawanan gigih, mereka harus berjuang keras untuk bisa menang.

Dengan kata lain, pelatih itu mengatakan timnya akan bermain sebaik-baiknya dan memberi kepada penggemar mereka permainan yang patuh dibanggakan, biarpun mereka kalah.

Sekian untuk hari ini.

Brandon: Friends, we’ll be back soon. So long and thanks for listening.

XS
SM
MD
LG