Tautan-tautan Akses

All About Idioms: Play The Field/Going Steady

  • Irna Sinulingga

Irna: Halo semua sobat VOA, apa kabar? Di sini saya bersama

Brandon: Brandon Garner, welcome, friends, to All About Idioms.

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum dalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari-hari. Idiom adalah sekumpulan kata yang punya arti tersendiri jadi tidak bisa diterjemahkan secara harfiah. Oleh karena itu jika seseorang memahami idiom yang jumlahnya ribuan sering dinilai bahasa Inggrisnya setara dengan native speaker. Salah satu idiom yang sering kita dengar atau baca adalah … Brandon?

Brandon: PLAY THE FIELD (Irna) sekali lagi PLAY THE FIELD

Irna: Artinya: Berkencan denganorang yang berbeda-beda, tidak terikat pada satu orang saja, atau selalu berganti pasangan. PLAY ejaannya P-L-A-Y artinya main dan FIELD ejaannya F-I-E-L-D artinya lapangan.

Sekarang kita simak contoh idiom PLAY THE FIELD

Brandon: Nowadays, it is very common for young men and women to play the field before they got married.

Irna: Artinya: Sekarang ini sudah umum bagi jejaka dan perempuan muda untuk berganti pasangan kencan sebelum mereka menikah.

Istilah PLAY THE FIELD berasal dari pacuan kuda di Inggris, yangketika itu artinya “bertaruh untuk setiap kuda pacu kecuali yang difavoritkan menang” pada pacuan itu. Pada sekitar tahun 1930 istilah itu digunakan untuk berbagai aktivitas lain. Lawan dari idiom PLAY THE FIELD adalah

Brandon: GOING STEADY sekali lagi GOING STEADY

Irna: Artinya berkencan dengan satu orang saja, GOING ejaannya G-O-I-N-G berasal dari kata GO ejaannya G-O artinya pergi dan STEADY ejaannya S-T-E-A-D-Y antara lain artinya stabil, tidak goyah atau dapat diandalkan. Kita simak contohnya:

Brandon: At the beginning Joe and Ellen were not serious with each other but now they are going steady and everybody thinks they are about to get engaged.

Irna: Artinya: Pada mulanya Joe dan Ellen hanya berteman biasa tetapi sekarang mereka kemanapun bersama dan semua orang mengira mereka akan segera tukar cincin.

Kita tadi telah membahas dua idiom yaitu

Brandon: PLAY THE FIELD dan GO STEADY

Irna: Sekian saja untuk hari ini.

Brandon: Friends, we’ll be back again soon. So long and thanks for listening.

XS
SM
MD
LG