Tautan-tautan Akses

Irna: Halo dan apa kabar semua sobat VOA? Di sini saya Irna Sinulingga bersama

Brandon: Brandon Garner, welcome friends, to All About Idioms.

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum dalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari-hari. Idiom adalah sekumpulan kata yang punya arti tersendiri jadi tidak bisa diterjemahkan secara harfiah. Oleh karena itu jika seseorang memahami idiom yang jumlahnya ribuan sering dinilai bahasa Inggrisnya setara dengan native speaker. Salah satu idiom yang sering kita dengar atau baca adalah... Brandon?

Brandon: OFF THE HOOK, Irna, sekali lagi OFF THE HOOK

Irna: Artinya: Terlepas dari kesulitan,seperti seekor ikan yang berhasil mengeluarkan kail dail mulutnya lalu bisa bebas berenang. OFF THE HOOK juga bisa berarti terhindardari keadaan yang memalukan. OFF ejaannya O-F-F, HOOK ejaannya H-O-O-K artinya kail. Kita simak contohnya.

Brandon: I had a real problem last night; somehow I ended up with dates at the same time with both Sally and Louise. But I got OFF THE HOOK okay, I asked my roomate Tom to go out with Sally.

Irna: Artinya: Saya dalam kesulitan besar tadi malam, entah bagaimana saya rupanya buat janji kencan pada jam yang sama dengan Sally dan Louise. Tetapi untung saya bisa terhindar dari keadaan yang memalukan ini, saya minta Tom teman sekamar di asrama untuk bepergian dengan Sally.

OFF THE HOOK secara harfiah berarti terlepas dari cantelan, seperti telpon yang tergeser dari tempatnya semula, ataupun tidak diletakkan kembali ke tempat yang seharusnya, sehingga kalau ada yang menelpon tidak bisa tersambung. Kita simak contohnya

Brandon: I tried to call home many times today, but I always got a busy signal. I think the phone was off the hook.

Irna: Artinya: Saya mencoba beberapa kali menelpon ke rumah, tetapi setiap kali terdengar nada sibuk. Saya pikir letak telpon itu miring atau tidak pas.

Kita tadi membahas idiom

Brandon: OFF THE HOOK sekali lagi OFF THE HOOK

Irna: Sekian saja untuk hari ini.

Brandon: Friends, we’ll be back soon. So long and thanks for listening.

XS
SM
MD
LG