Tautan-tautan Akses

Irna: Halo dan apa kabar semua sobat VOA. Di sini saya bersama

Adam: Adam Brock, welcome friends to All About Idioms

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum dalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari-hari. Idiom adalah sekumpulan kata yang punya arti tersendiri jadi tidak bisa diterjemahkan secara harfiah. Oleh karena itu jika seseorang memahami idiom yang jumlahnya ribuan, sering dinilai bahasa Inggrisnya setara dengan native speaker kita kali ini Adam Brock. Salah satu idiom yang sering kita dengar atau baca adalah … Adam?

Adam: OFF- BASE, Irna sekali lagi OFF-BASE

Irna: Artinya mengambil keputusan atau memberi komentar berdasarkan informasi keliru atau ngaur tidak realistik. OFF ejaannya O-F-F banyak sekali artinya antara lain: salah, mati atauputus, atau tak tersambung, gila, mendapat hari libur dsb. bergantung pada konteks kalimat. BASE ejaanya B-A-S-E antara lain artinya dasar, pangkalan dsb.

Kita simak contohnya:

Adam: The movie review was off base. The reviewer completely missed the point of the movie.

Irna: Artinya: Resensi film itu sangat keliru. Sang penulis resensi sama sekali tidak memahami apa yang terpenting mengenai film tersebut.

Untuk lebih jelas lagi kita simak contoh kedua:

Adam: Her remarks were really off-base. Clearly, she did not understand the issue.

Irna: Artinya: Komentar dia benar-benar keliru. Jelas dia sama sekali tidak memahami isu itu.

Idiom yang juga mirip artinya dengan OFF-BASE adalah

Adam: OUT OF LINE sekali lagi OUT OF LINE

Irna: Artinya: Tidak bisa diterima atau tak masuk akal. OUT ejaannya O-U-T artinya keluar, OF ejaannya O-F dan LINE ejaannya L-I-N-E antara lain artinya garis.

Kita simak contohnya:

Adam: I’m telling you now your request for a month of sick leave without a doctor’s certificate while you’re on annual leave is out of line.

Irna: Artinya: Saya beritahu kamu sekarang cuti sakit selama sebulan tanpa surat dokter yang kamu cantumkan selagi kamu dalam cuti tahunan sama sekali tidak bisa diterima.

Hanya sekian untuk hari ini.

Adam: Friends, we’ll be back again soon. So long and thanks for listening.

XS
SM
MD
LG