Tautan-tautan Akses

Irna: Halo dan apa kabar semua sobat VOA. Di sini saya bersama

Brandon: Brandon Garner, Welcome friends to All About Idioms

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum dalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari-hari. Idiom adalah sekumpulan kata yang punya arti tersendiri jadi tidak bisa diterjemahkan secara harfiah. Oleh karena itu jika seseorang memahami idiom yang jumlahnya ribuan sering dinilai bahasa Inggrisnya setara dengan native speaker. Salah satu idiom yang sering kita dengar atau baca adalah Brandon?

Brandon: IN DEMAND, Irna sekali lagi IN DEMAND

Irna: Artinya: Sangat diinginkan atau diperlukan sehingga laku keras, atau laris. IN DEMAND terdiri dari dua kata, IN ejaannya I-N antara lain artinya di atau di dalam, DEMAND ejaannya D-E-M-A-N-D antara lain artinya permintaan atau tuntutan.

Kita simak contoh idiom IN DEMAND

Brandon: Every time the weather forecasts says there’ll be a snow storm, salt and shovels were so much in demand that stores supplies ran out before nightfall.

Irna: Artinya: Setiap kali prakiraan cuaca mengatakan akan terjadi topan salju, garam dan sekop laris keras sehingga persediaan di toko-toko habis sebelum malam hari.

Kemudian ada lagi idiom yang hampir sama tetapi hanya kata IN diganti dengan kata ON ejaannya O-N tetapi berbeda sekali artinya. Kalau idiom sebelumnya adalah IN DEMAND sekarang setelah diubah menjadi

Brandon: ON DEMAND sekali lagi ON DEMAND

Irna: Artinya: Kapan saja kita menginginkannya, seperti dalam contoh berikut:

Brandon: With cable television, you can order movies on demand, but of course you have to pay themextra on top of your monthly bill.

Irna: Artinya: Dengan televisi kabel, kita bisa memesan film yang diputar di bioskop layar kapan saja kita mau, tetapi sudah tentu kita harus membayar ekstra di luar tagihan bulanan.

Kita tadi telah membahas:

Brandon: IN DEMAND dan ON DEMAND

Irna: Hanya sekian untuk hari ini.

Brandon: Friends, that’s it for today but we’ll be back soon. So long and thanks for listening

XS
SM
MD
LG