Tautan-tautan Akses

Irna: Halo semua sobat VOA apa kabar? Di sini saya bersama

Brandon: Brandon Garner, Welcome friends to ALL ABOUT IDIOMS.

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum dalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari hari. Idiom adalah frasa atau sekumpulan kata yang punya arti tersendiri dan tidak bisa diterjemahkan secara harfiah, jadi sering membuat bingung siswa kursus bahasa Inggris. Idiom yang jumlah ribuan juga merupakan salah satu pengukur kefasihan seseorang dalam berbahasa Inggris. Idiom yang sering kita baca atau dengar adalah Brandon?

Brandon: HUSH-HUSH sekali lagi HUSH-HUSH

Irna: Artinya merahsiakan atau menyembunyikan supaya umum tidak mengetahuinya. HUSH-HUSH ejaannya H-U-S-H tanda sambung H-U-S-H. Kita simak contohnya:

Brandong: Every year all the car makers design new cars with new features and new engines for the coming year, but they kept it a hush-hush project until the road test for the car was successful.

Irna: Artinya: Setiap tahun semua perusahaan otomotif merancang mobil-mobil baru dengan feature baru dan mesin baru untuk tahun mendatang. Tetapi proyek ini dirahasiakan hingga uji-coba mobil itu sukses.

Idiom berikut kedengarannya sama tapi artinya berbeda yaitu:

Brandon: HUSH UP sekali lagi HUSH UP

Irna: Artinya menjaga agar berita mengenai sesuatu jangan sampai bocor, mencegah orang mengetahui sesuatu. HUSH UP ejaannya H-U-S-H dan U-P. Sekarang kita simak contohnya:

Brandon: Nowadays, with the internet and handphones crowding the world it isn’t always easy to hush up a scandal.

Irna: Artinya: Sekarang ini, the internet dan HP memenuhi dunia tidak selalu mudah untuk mencegah orang membocorkan skandal.

HUSH UP juga bisa berarti menyuruh orang supaya segera diam, jangan ngomong lagi, jangan nangis, atau jangan berisik. Acapkali digunakan sebagai perintah. Sayang waktu tidak cukup untuk membahasnya.

Idiom yang kita bahas tadi adalah

Brandon: HUSH-HUSH dan HUSH-UP

Irna: Hanya sekian untuk hari ini.

Brandon: We’ll be back again tomorrow so long and thanks for listening.
XS
SM
MD
LG