Tautan-tautan Akses

Irna: Halo dan apa kabar semua sobat VOA? Di sini saya Irna Sinulingga bersama

Brandon: Brandon Garner, welcome friends, to All About Idioms.

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum dalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari-hari. Idiom adalah sekumpulan kata yang punya arti tersendiri jadi tidak bisa diterjemahkan secara harfiah. Oleh karena itu jika seseorang memahami idiom yang jumlahnya ribuan sering dinilai bahasa Inggrisnya setara dengan native speaker. Salah satu idiom yang sering kita dengar atau baca adalah… Brandon?

Brandon: HAND IN GLOVE, Irna, sekali lagi HAND IN GLOVE

Irna: Artinya berhubungan erat, atau berkonspirasi biasanya untuk tujuan buruk. HAND ejaannya H-A-N-D artinya tangan IN- ejaannya I-N arti di atau di dalam dan GLOVE ejaannya G-L-O-V-E artinya sarung tangan.

Kita simak contohnya:

Brandon: In some countries judges and other high officials sometimes are hand in glove with gangsters and drug dealers to cheat and steal. Because they can destroy the evidence they are seldom brought to justice.

Irna: Artinya: Di beberapa negara hakim dan pejabat-pejabat tinggi kadangkala berkonspirasi dengan gembong narkoba dan gangster untuk menipu dan mencuri. Karena mereka bisa memusnahkan barang bukti, mereka jarang bisa dipidanakan.

Sinonim idiom “hand in glove” adalah

Brandon: “in cahoots” sekali lagi “in cahoots”

Irna: Artinya berkonspirasi dengan seseorang atau organisasi untuk melakukan kecurangan atau melawan hukum. IN ejaannya I-N artinya di atau di dalam CAHOOTS ejaannya C-A-H-O-O-T-S artinya berkolusi.

Kita simak contohnya:

Brandon: It was rumored at that time the ruling party was in cahoots with the military to crush any opposition.

Irna: Artinya: Ketika itu ada desas-desus partai yang memerintah berkonspirasi dengan militer untuk menumpas setiap oposisi.

Kita tadi telah membahas dua idiom:

Brandon: HAND IN GLOVE dan IN CAHOOTS

Sekian saja untuk hari ini.

Brandon: Friends that’s it for now. So long and thanks for listening.

XS
SM
MD
LG