Tautan-tautan Akses

Irna: Halo semua sobat VOA, apa kabar? Di sini saya bersama

Brandon: Brandon Garner, welcome friends to ALL ABOUT IDIOMS.

Irna: Acara ini khusus membahas idiom bahasa Inggris yang umum dalam tulisan dan percakapan orang Amerika sehari-hari. Idiom adalah sekumpulan kata yang punya arti tersendiri dan tidak bisa diterjemahkan secara harfiah. Idiom yang jumlahnya ribuan juga acapkali digunakan sebagai salah satu pengukur kefasihan bahasa Inggris seseorang. Salah satu idiom yang sering kita dengar atau baca adalah… Brandon?

Brandon: GET OFF EASY, Irna, sekali lagi GET OFF EASY

Irna: Artinya terhindar dari kesukaran, atau terhindar dari sesuatu yang buruk GET ejaannya G-E-T antara lain artinya ambil, OFF ejaannya O-F-F artinya putus atau mati (untuk listrik), atau libur bergantung pada konteks kalimat, sementara EASY ejaannya E-A-S-Y artinya mudah, atau gampang.

Kita simak contohnya:

Brandon: According to the weather forecast, this year some parts of the United States will get off easy with little snow in winter. That’s good news for city-dwellers but not for skiers.

Irna: Artinya: Menurut prakiraan cuaca, beberapa negara-bagian di Amerika pada musim tahun ini tidak akan kepayahan karena hujan saljunya tidak seberapa. Berita ini menyenangkan bagi orang yang tinggal di kota tetapi tidak untuk para penggemar ski.

Sinonim GET OFF EASY adalah

Brandon: GET OFF LIGHTLY sekali lagi Get OFF LIGHTLY

Irna: Juga bisa berarti terhindar dari sesuatu yang buruk, atau dijatuhi hukuman lebih ringan dari dugaan semula. LIGHTLY ejaannya L-I-G-H-T-L-Y artinya ringan atau enteng. Kita simak contohnya:

Brandon: It’s not right that someone can get off lightly after committing a major crime.

Irna: Artinya: Tidak pantas bahwa seseorang bisa ringan hukumannya setelah melakukan kejahatan besar.

Idiom yang kita bahas tadi adalah:

Brandon: GET OFF EASY dan GET OFF LIGHTLY

Hanya sekian untuk hari ini.

Brandon: Friends, that’s it for today but we’ll be back again soon. So long and thanks for listening.

XS
SM
MD
LG